Civet Coffee Is Kopi Luwak

Civet Coffee is kopi luwak merupakan kalimat bahasa indonesia yang berasal dari bahasa Jawa, tepatnya perpaduan bahasa indonesia (kopi) dan Luwak (jawa) yang berarti nama binatang sejenis musang.

Kepopuleran kopi luwak bukan hanya di ASIA tapi mendunia sehingga kebanyakan tourist asing yang singgah ke indonesia akan mencari kopi luwak untuk dijadikan buah tangan (gift) atau oleh-oleh. Lalu apa yang diucapkan si bule ketika bertanya tentang kopi luwak??? jika diartikan ke dalam bahasa inggris kopi luwak berarti civet coffee.


CIVET COFFEE IS KOPI LUWAK kira-kira seperti itu apa yang dikatakan para bule. Sebenarnya dengan mengucapkan kopi luwak pun para bule itu mengerti karena ada film hollywood yang mengangkat film dengan tema 'the bucket list' menceritakan tentang kopi luwak dari sumatera, dalam film the bucket list itu penggunaan kopi luwak tidak mengalami perubahan hanya terjemahan kopi menjadi coffee saja adapun kalimat luwak tetap diucapkan dengan kalimat yang sama tidak diterjemahkan. Dalam dialog bahasa inggris tidak semua civet coffe is kopi luwak bahkan ada yang menerjemahkan luwak dengan kalimat cat.

Suatu waktu pernah kami kedatangan tamu dari korea (pelancong/tourist) yang datang langsung ke tempat kami, tentunya orang korea ini tidak berbicara bahasa korea atau bahasa cina melainkan menggunakan bahasa international, Inggris.

Sempat terjadi eror communication antar kami dengan mereka saat mengucapkan kopi luwak. civet Coffee is kopi luwak itu adalah kalimat yang biasa kami ucapkan kepada para bule asing karena kalimat tersebut sudah sangat familiar untuk para tourist.

Namun kali ini kalimat tersebut tidak dimengerti oleh orang korea malahan mereka mengatakan cat coffee yang berarti kopi luwak, sepertinya kucing itu dianggap sebagai musang bagi mereka karena bentuk musang itu sendiri memang persis seperti layaknya kucing.

Dari peristiwa ini maka kopi luwak bandung mendapatkan glossary atau vocabularies kopi luwak yang baru yaitu civet coffe is kopi luwak or cat coffee. Tapi itu tidak menjadi kendala yang begitu sulit bagi kami karena orang asing itu membawa uang banyak maka harga kopi luwak bandung yang kami berikan pun tidak dengan rupiah melainkan US Dollar. 

Civet coffee is kopi luwak




'GENIS TOKO' Jl. Rama No. 42 Pajajaran-Bandung (Blk. Bank Mandiri)
Powered by Blogger.